Jumat, 16 Desember 2022

Pasar Monopoli (Pertemuan 13)

 Universitas Pelita Bangsa

Program Studi S1 Manajemen

Ekonomi Manajerial

Nama : Akhsa Gracia Paulina Masneno

NIM : 112010408

Kelas : MA.20.A2

Dosen : Abdul Latif.,SE.,MM


DEFINISI PASAR MONOPOLI

            Monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu perusahaan saja dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sempurna. Menurut Kutsoyiannis, Pasar Monopoli adalah menjelaskan mengenai bagaimana caranya suatu perusahaan monopoli menentukan tingkat produksi yang akan pemaksimuman keuntungannya. Seperti juga dengan analisis mengenai pemaksimuman keuntungan di pasar persaingan sempurna, analisis mengenai hal itu di perusahaan monopoli akan menggunakan dua cara, yaitu : (i) dengan pendekatan biaya total dan hasil penjualan total (ii) dengan pendekatan biaya marjinal dan hasil penjualan marjinal. Biasanya keuntungan yang dinikmati oleh perusahaan monopoli adalah keuntungan melebihi normal dan ini diperoleh karena terdapat hambatan yang sangat tangguh yang dihadapi perusahaan perusahaan lain untuk memasuki industri tersebut.

CIRI-CIRI PASAR MONOPOLI 

            Ciri-ciri pasar monopoli sangat berbeda dengan pasar persaingan sempurna. Uraian berikut menerangkan ciri-ciri monopoli.

  1. Pasar Monopoli Adalah Industri Satu Perusahaan
  2. Tidak Mempunyai Barang Pengganti yang Mirip
  3. Tidak Terdapat Kemungkinan untuk Masuk ke dalam Industri
  4. Perusahaan memiliki kemampuan menentukan harga (price maker) 
  5. Promosi iklan kurang diperlukan 
FAKTOR YANG MENIMBULKAN MONOPOLI 

            Terdapat faktor yang dapat menyebabkan wujudnya pasar (perusahaan) monopoli. Faktor tersebut adalah :

  1. Perusahaan monopoli mempunyai suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain. Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi (economies of scale) hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
  2.  Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang, yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut.
  3. Terbatasnya pasar, terbatasnya pasar yang memungkinkan hanya memberikan ruang lingkup bagi satu perusahaan saja, di mana satu perusahaan tersebut telah mampu mencukupi permintaan pasar. Masuknya perusahaan lain akan menemui kesulitan dalam menjual barangnya.
  4. Hak paten Hak cipta Hak usaha ekslusif, merupakan hak yang diberikan kepada suatu perusahaan tertentu sehingga perusahaaan lain tidak dapat memproduksi barang yang sama.
MAKSIMASI KEUNTUNGAN 

a. Pendekatan total (total approach), dicapai jika selisih penjualan total (TR) dg biaya total (TC) memiliki nilai positif terbesar.

b. Pendekatan marjinal (marginal approach), dicapai jika MR = MC atau MR – MC menghasilkan angka positif minimum dan MC sedang meningkat.

TABEL PRODUKSI ONGKOS,HASIL PENJUALAN DAN KEUNTUNGAN PERUSAHAAN MONOPOLI



KEUNTUNGAN MAKSIMUM 
1. Pendekatan total, dicapai pada tingkat penjualan 4 unit dengan laba Rp 2.300. 
2. Pendekatan marjinal, dicapai pada tingkat penjualan 4 unit karena selisih MR dan MC sebesar Rp        300 (terkecil) dan nilai MC dalam keadaan meningkat.

MAKSIMASI KEUNTUNGAN DALAM KURVA (PENDEKATAN TOTAL)



MAKSIMASI KEUNTUNGAN DALAM KURVA (PENDEKATAN MARJINAL)



KURVA MC BUKANLAH KURVA PENAWARAN 
            Dalam perusahaan monopoli atau perusahaan dalam pasar lainya yang kurva permintaannya bergerak menurun ke kanan bawah kurva penawaranya tidak dapat ditunjukan karena tidak terdapat sifat hubungan yang tetap diantara harga dan jumlah yang ditawarkan oleh perusahaan itu.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PASAR MONOPOLI

Kelebihan dalam Pasar Monopoli :
  1. Biaya produksi lebih murah dari pada di firma pasar persaingan sempurna dan produksi lebih besar.
  2. Mutu barang semakin meningkat dan harga barang semakin murah. 
  3. Kesejahteraan masyarakat dapat di tingkatkan apabila monopoli dapat terus menghasilkan barang yang lebih mura dan bermutu.
Kekurangan dalam Pasar Monopoli :
  1. Harga barang lebih mahal dan tingkat produksi lebih rendah di pasar persaingan sempurna. 
  2. Barang yang di hasilkan tidak banyak mengalami perubahan. 
  3. Kesejahteraan masyarakat lebih buruk.
DISKRIMINASI HARGA DLM MONOPOLI 
  1. Menjual outputnya di dua pasar yang berbeda  
  2. Sifat permintaan di dua pasar harus berbeda 
SYARAT-SYARAT DISKRIMINASI HARGA 
  1. Barang tidak dapat dipindahkan dari satu pasar ke pasar lain.  
  2. Sifat barang/jasa memungkinkan dilakukan diskriminasi harga.
  3. Sifat dan elastisitas permintaan di masing-masing pasar harus berbeda. 
  4. Kebijakan diskriminasi harga tidak membutuhkan biaya yang melebihi keuntungan kebijakan tsb. 
  5. Produsen dapat mengekploitasi sikap tidak rasional konsumen. 

CONTOH KEBIJAKAN DISKRIMINASI HARGA 
  1. Penetapan tarif listrik yang berbeda oleh PLN. 
  2. Tarif yang berbeda yg ditetapkan oleh dokter, konsultan akuntansi, konsultan hukum dll. 
  3. Kebijakan harga domestik dan harga di pasar luar negeri.
MONOPOLI ALAMIAH DAN PENGENDALIAN HARGA 
            Monopoli alamiah adalah perusahaan yang menperoleh kekuasaan monopoli karena mencapai skala usaha ekonomis pada tingkat produksi yang sangat banyak jumlahnya.

CAMPUR TANGAN PEMERINTAH ATAS KEGIATAN MONOPOLI ALAMIAH 
            Supaya monopolis bersedia menjual dalam jumlah yang banyak dan harga yang relatif rendah (mengakibatkan keuntungan mengecil atau bahkan nol) pemerintah biasanya memberikan subsidi kepada perusahaan tsb.

KESEIMBANGAN MONOPOLI DALAM JANGKA PANJANG 
            Monopolis dalam jangka panjang bisa mendapatkan keuntungan di atas normal dan biaya rata-rata yang dicapai bukan biaya yang terendah (berlawanan dengan kondisi pasar persaingan sempurna).

TIGA ASPEK PENILAIAN ATAS MONOPOLI
  1. Efisiensi penggunaan sumberdaya 
  2. Perangsang pengembangan teknologi dan inovasi 
  3. Distribusi pendapatan 
EFISIENSI MONOPOLI DIBANDINGKAN PERSAINGAN SEMPURNA 
  1. Lebih tidak efisien jika di kedua pasar tsb kurva biayanya sama.
  2. Lebih efisien pasar monopoli jika monopolis menikmati skala ekonomis dalam usahanya.
PERBANDINGAN UMUM PASAR PERSAINGAN SEMPURNA DENGAN MONOPOLI JIKA STRUKTUR BIAYANYA SAMA 
  1. PP Sempurna lebih efisien dan P=MC, dlm monopoli P>MC 
  2. Harga di pasar monopoli lebih tinggi drpd di pasar persaingan sempurna  
  3. Output pada persaingan sempurna lebih banyak drpd pasar monopoli 
  4. Biaya per unit monopoli lebih tinggi drpd persaingan sempurna 
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN INOVASI DALAM MONOPOLI (PROKONTRA) 
  • Pasar monopoli tidak merangsang perkembangan teknologi dan inovasi. Tidak terdapat persaingan usaha serta pengembangan teknologi dan upaya inovasi membutuhkan biaya besar.
  • Pasar monopoli merangsang perkembangan teknologi dan inovasi. Memungkinkan penurunan biaya per unit output lalu bisa menghambat perusahaan baru masuk industri karena kalah dalam penguasaan teknologi dan inovasi.
  • Monopoli menyebabkan distribusi pendapatan tidak merata. Monopolis yang memperoleh keuntungan melebihi normal cenderung lebih menguasai pendapatan dan para pekerja tidak memperoleh bagian dari keuntungan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pasar Monopolistik (Pertemuan 14)

  Universitas Pelita Bangsa Program Studi S1 Manajemen Ekonomi Manajerial Nama : Akhsa Gracia Paulina Masneno NIM : 112010408 Kelas : MA.20....