Universitas Pelita Bangsa
Program Studi S1 Manajemen
Ekonomi Manajerial
Nama : Akhsa Gracia Paulina Masneno
NIM : 112010408
Kelas : MA.20.A2
Dosen : Abdul Latif.,SE.,MM
Definisi
pabrik sepeda motor Honda ataupun Yamaha. Dimana motor keluaran Honda selalu dianggap lebih irit dibandingkan dengan sepeda motor merk lainnya. Sementara motor keluaran Yamaha dinilai lebih mempunyai tenaga yang unggul dibandingkan dengan sepeda motor lain.
Karakteristik
Pada pasar monopolistik, produsen memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga walaupun pengaruhnya tidak sebesar produsen dari pasar monopoli atau oligopoli. Kemampuan ini berasal dari sifat barang yang dihasilkan. Karena perbedaan dan ciri khas dari suatu barang, konsumen tidak akan mudah berpindah ke merek lain, dan tetap memilih merek tersebut walau produsen menaikkan harga. Pada pasar persaingan monopolistik, harga bukanlah faktor yang bisa mendongkrak penjualan. Bagaimana kemampuan perusahaan menciptakan citra yang baik di dalam benak masyarakat, sehingga membuat mereka mau membeli produk tersebut meskipun dengan harga mahal akan sangat berpengaruh terhadap penjualan perusahaan. Oleh karenanya, perusahaan yang berada dalam pasar monopolistik harus aktif mempromosikan produk sekaligus menjaga citra perusahaannya.
Keseimbangan Pasar Persaingan Monopolistik
Kurva permintaan lebih elastis (tidak sampai elastisitas sempurna) dibanding kurva permintaan pasar monopoli
Dalam jangka pendek keseimbangan pasar :
- Kurva permintaan menurun sedikit demi sedikit akibatnya kurva D tidak berimpit dg MR
- Besarnya permintaan bukan permintaan seluruh pasar namun dari sebagian pasar
- Keuntungan maksimum dicapai bila MR=MC
- P lebih tinggi, AC lebih tinggi
- Kegiatan produksi belum mencapai kondisi yg optimal (saat AC terendah)
GAMBAR EFISIENSI PRODUKTIF PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK
- Penggunaan sumber daya/faktor-faktor produksi pasar persaingan sempurna lebih efisien dibanding pasar persaingan monopolistik karena kapasitas produksinya dibawah tingkat yg optimal.
- Diferensiasi produknya jauh lebih baik daripada pasar persaingan sempurna.
- Dorongan untuk melakukan inovasi teknologi pada pasar ini sangat terbatas karena dalam jangka panjang pasar hanya dapat memperoleh keuntungan normal.
- Distribusi pendapatan produsen merata.
- Diferensiasi produksi, yaitu menciptakan barang sejenis tetapi berbeda coraknya dengan hasil produksi perusahaan-perusahaan lainnya.
- Iklan dan berbagai bentuk promosi penjualan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar