Rabu, 21 Desember 2022

Pasar Monopolistik (Pertemuan 14)

 Universitas Pelita Bangsa

Program Studi S1 Manajemen

Ekonomi Manajerial

Nama : Akhsa Gracia Paulina Masneno

NIM : 112010408

Kelas : MA.20.A2

Dosen : Abdul Latif.,SE.,MM


Definisi

            Pasar monopolistik pada dasarnya merupakan sebuah pasar yang ada di antara dua jenis pasar yang cukup ekstrim, yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli. Oleh sebab itu, pasar jenis ini masing mengandung unsur-unsur atau sifat yang berasal dari pasar persaingan monopoli dan juga pasar persaingan sempurna. Dengan kata lain, pasar persaingan monopolistik dapat diartikan sebagai sebuah pasar yang mana memiliki banyak penjual atau produsen yang memproduksi produk yang beragam.
            Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya. Contohnya adalah : Pabrik sepeda motor Honda ataupun Yamaha. Dimana motor keluaran Honda selalu dianggap lebih irit dibandingkan dengan sepeda motor merk lainnya. Sementara motor keluaran Yamaha dinilai lebih mempunyai tenaga yang unggul dibandingkan dengan sepeda motor lain. Hal itu adalah salah satu contoh yang ada di pasar persaingan monopolistik. Dimana kedua brand tersebut sama-sama memproduksi sepeda motor. Akan tetapi, keduanya mempunyai karakteristik yang cukup berbeda.

pabrik sepeda motor Honda ataupun Yamaha. Dimana motor keluaran Honda selalu dianggap lebih irit dibandingkan dengan sepeda motor merk lainnya. Sementara motor keluaran Yamaha dinilai lebih mempunyai tenaga yang unggul dibandingkan dengan sepeda motor lain.

Karakteristik

            Pada pasar monopolistik, produsen memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga walaupun pengaruhnya tidak sebesar produsen dari pasar monopoli atau oligopoli. Kemampuan ini berasal dari sifat barang yang dihasilkan. Karena perbedaan dan ciri khas dari suatu barang, konsumen tidak akan mudah berpindah ke merek lain, dan tetap memilih merek tersebut walau produsen menaikkan harga. Pada pasar persaingan monopolistik, harga bukanlah faktor yang bisa mendongkrak penjualan. Bagaimana kemampuan perusahaan menciptakan citra yang baik di dalam benak masyarakat, sehingga membuat mereka mau membeli produk tersebut meskipun dengan harga mahal akan sangat berpengaruh terhadap penjualan perusahaan. Oleh karenanya, perusahaan yang berada dalam pasar monopolistik harus aktif mempromosikan produk sekaligus menjaga citra perusahaannya.

Keseimbangan Pasar Persaingan Monopolistik

Kurva permintaan lebih elastis (tidak sampai elastisitas sempurna) dibanding kurva permintaan pasar monopoli 

Dalam jangka pendek keseimbangan pasar : 

  • Kurva permintaan menurun sedikit demi sedikit akibatnya kurva D tidak berimpit dg MR  
  • Besarnya permintaan bukan permintaan seluruh pasar namun dari sebagian pasar 
  • Keuntungan maksimum dicapai bila MR=MC
Keseimbangan pasar dalam jangka panjang karena semakin banyaknya perusahaan yg masuk ke dalam pasar maka dalam jangka panjang perusahaan hanya akan memperoleh keuntungan normal namun perbedaannya dg pasar persaingan sempurna adalah : 

  • P lebih tinggi, AC lebih tinggi 
  • Kegiatan produksi belum mencapai kondisi yg optimal (saat AC terendah) 

GAMBAR EFISIENSI PRODUKTIF PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK





Penilaian Pada Pasar Persaingan Monopolistik
  • Penggunaan sumber daya/faktor-faktor produksi pasar persaingan sempurna lebih efisien dibanding pasar persaingan monopolistik karena kapasitas produksinya dibawah tingkat yg optimal.
  • Diferensiasi produknya jauh lebih baik daripada pasar persaingan sempurna.
  • Dorongan untuk melakukan inovasi teknologi pada pasar ini sangat terbatas karena dalam jangka panjang pasar hanya dapat memperoleh keuntungan normal.
  • Distribusi pendapatan produsen merata.
Persaingan Bukan Harga

            Diferensiasi produksi menciptakan barang sejenis tetapi berbeda coraknya dengan produksi perusahaan lain atau perusahaan sendiri: contoh shampoo Sunslik dan Dove berasal dari pabrik yg sama. Iklan dan berbagai bentuk promosi penjualan.

Tindakan Nonharga Pasar 

            Tindakan nonharga adalah usaha-usaha diluar perubahan harga yang dilakukan oleh perusahaan untuk menarik lebih banyak pembeli barang diproduksinya. Tindakan nonharga dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
  1. Diferensiasi produksi, yaitu menciptakan barang sejenis tetapi berbeda coraknya dengan hasil produksi perusahaan-perusahaan lainnya.
  2. Iklan dan berbagai bentuk promosi penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pasar Monopolistik (Pertemuan 14)

  Universitas Pelita Bangsa Program Studi S1 Manajemen Ekonomi Manajerial Nama : Akhsa Gracia Paulina Masneno NIM : 112010408 Kelas : MA.20....