Sabtu, 03 Desember 2022

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA (Pertemuan 11 & 12)

 Universitas Pelita Bangsa

Program Studi S1 Manajemen

Ekonomi Manajerial

Nama : Akhsa Gracia Paulina Masneno

NIM : 112010408

Kelas : MA.20.A2

Dosen : Abdul Latif.,SE.,MM


KONSEP DASAR TENTANG PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

Pasar persaingan sempurna terjadi apabila : 

1. Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen (homogeneous product) 
2. Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan/informasi sempurna (perfect know-ledge) 
3. Output sebuah perusahaan relatif kecil dibanding output pasar (small relatively output) 
4. Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar (price taker) 
5. Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar (free entry and exit) 
            Suatu kondisi pasar yang paling ideal yang menjamin terwujudnya kegiatan produksi barang yang optimal dan efisien 

CIRI-CIRI PASAR PERSAINGAN SEMPURNA 
  • Perusahaan adalah penerima harga (price taker), pengusaha hrs menyesuaikan diri dgn harga pasar yg telah ada. Sehingga kurva demand elastis sempurna (berapapun produksinya harga pasar tdk berubah).
  • Komoditi yg diperjualbelikan homogen (serupa)  
  • Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak  
  • Setiap perusahaan bebas keluar/masuk dlm industri  
  • Semua unit ekonomi mempunyai pengetahuan yg sempurna mengenai harga  
  • Terdapat mobilitas sumber-sumber daya dlm aktivitas ekonomi sesuai prinsip-prinsip ekonomi 


PENENTUAN HARGA DALAM JANGKA WAKTU SANGAT PENDEK

            Pada periode pasar, supply response tidak akan terjadi , karena barang-barang sudah “siap tersedia” dan harus terjual pada tingkat berapapun yang dikehendaki pasar. Harga akan menyesuaikan untuk menyerap kuantitas pasar yang harus terjual.


            Pada Kurva D, akan terjadi harga keseimbangan (equilibrium price) yang merupakan pertemuan antara harga P1 dengan jumlah penawaran pada titik Q*, karena harga P1 menyeimbangkan antara keinginan pembeli dengan keinginan penjual. 

Pergeseran Permintaan (Harga sebagai Alat Penjatahan)


            Dengan kurva permintaan D’, pada tingkat harga P1 jumlah yang diminta jauh lebih banyak dibandingkan Q* Untuk menjatah kuantitas yang tersedia di antara semua pembeli, harga harus meningkat menjadi P2 dan pada harga tersebut, permintaan akan berkurang dan kembali ke Q*. 
Kurva tersebut menunjukkan semua tingkat harga keseimbangan pada Q* untuk setiap kemungkinan terjadinya pergeseran permintaan.

PENAWARAN JANGKA PENDEK

            Dalam analisa jangka pendek jumlah perusahaan diasumsikan tidak cukup fleksibel keluar masuk pasar, tetapi perusahaan dapat mengatur kuantitas produksi sebagai respon atas perubahan harga. Setiap perusahaan berperan menjadi “price taker” dikarenakan terdapat banyak perusahaan dengan barang sejenis.

            Kurva Penawaran pasar jangka pendek yaitu hubungan antara harga pasar dengan kuantitas penawaran suatu barang pada jangka pendek. Misalnya pada harga P1 penawaran perusahan A sebesar q1 A dan penawaran perusahaan B sebesar q1 B Pada tingkat harga P1 total penawaran pasar ditunjukkan oleh Q1 sama dengan q1 A + q1 B.

PENENTUAN HARGA JANGKA PENDEK


            Kurva permintaan dan penawaran pasar masing-masing adalah penjumlahan horizontal dari banyak komponen yang ditunjukkan pada gambar b. Jika kurva permintaan seseorang bergeser menjadi d’ maka kurva permintaan pasar akan bergeser ke D’ dalam jangka pendek dan harga akan naik menjadi P2. Implikasi dari harga keseimbangan untuk perusahaan tertentu dan untuk orang tertentu ditunjukkan oleh gambar a dan c.

PERGESERAN PADA KURVA PERMINTAAN DAN PENAWARAN

  1. Permintaan
          Bergeser ke kanan karena : Peningkatan pendapatan, Harga barang subtitusi meningkat, Harga              barang komplemen menurun serta Preferensi pada barang meningkat.
          Bergeser ke kiri karena : Penurunan pendapatan, Harga barang subtitusi menurun, Harga                          barang komplemen meningkat serta Preferensi pada barang menurun.

       2. Penawaran
           Bergeser ke kanan karena : Harga input menurun dan Perbaikan teknologi
           Bergeser ke kiri karena : Harga input meningkat

ELASTISITAS PENAWARAN JANGKA PENDEK

            Jika permintaan bersifat elastis, perubahan harga akan berpengaruh pada kuantitas yang diminta. Pada kasus inelastis, perubahan harga tidak akan mempengaruhi kuantitas yang diminta.  


Kurva Penawaran 
Kurva penawaran perusahaan untuk jangka pendek terjadi dimana kurva MC di atas kurva AVC.
Kurva penawaran pasar merupakan penjumlahan dari kurva penawaran perusahaan yang memproduksi komoditi sejenis.

Perusahaan pada pasar persaingan sempurna dalam jangka panjang
Tidak ada biaya fixed atau variabel. 
Perusahaan layak berproduksi jika perpotongan kurva P (harga) dgn kurva MC masih terletak pada kurva AC atau di atas kurva AC.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pasar Monopolistik (Pertemuan 14)

  Universitas Pelita Bangsa Program Studi S1 Manajemen Ekonomi Manajerial Nama : Akhsa Gracia Paulina Masneno NIM : 112010408 Kelas : MA.20....